Al-Waqiah dan Fadhilahnya

Bismillahirrahmanirrahim.

Surat Al Waaqi’ah terdiri atas 96 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Thaa Haa. Dinamai dengan Al Waaqi’ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang menerangkan tentang keadaan hari kiamat, balasan yang akan diterima oleh orang-orang mukmin dan kafir, tentang kekuasaan Allah dengan diciptakannya manusia, tumbuhan, api dan adanya hari berbangkit.

Pokok-pokok Kandungan isinya :

Tentang pokok-pokok keimanan, yaitu huru-hara di waktu terjadinya hari kiamat; manusia di waktu hisab terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan yang bersegera menjalankan kebaikan, golongan kanan dan golongan yang celaka; bantahan Allah terhadap keingkaran orang-orang yang mengingkari adanya Tuhan, hari berbangkit, dan adanya hisab; Al Quran berasal dari Lauhul Mahfuuzh.

Adapun kandungan yang lainya yaitu gambaran tentang syurga dan neraka.

Fadhilah membaca Surat Al-Waqi’ah

Apabila surat Al-Waqi’ah dibaca setiap malam sebagai wirid, insya Allah tidak akan tertimpa kesusahan/kepapaan yang diterangkan dalam sabda Rasulullah SAW:

مَنْ قَرَأَسُوْرَةَاْلوَقِعَةِكُلَّ لَيْلَةٍلَمْ تُصِبهُ فَاقَةٌوَسُوْرَةُاْلوَقِعَةِسُوْرَةُاْلغِنٰاءفَاقْرَؤُوْهَاوَعَلِّمُوْهَاأَوْلاَدَكُمْ
man qara’a suratul-waqi’ah kulla lailatin lam tusibhu faqah, wa wa suratul-waqi’ah suratul-ginaa faqra’uulha wa ‘allimuuha auladakum

Artinya:
“Barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. dan surat Waqi’ah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu.”

Imam Ja’far ra. Berkata, “Barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari nafkah. maka Allah Ta’ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. dan barang siapa membaca surat Al-Waqi’ah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali pada orang itu.” (Khazinatul Asrar Kubra: 360)

Dalam khawashul Qur’an fadhilah surat Al-Waqi’ah dibaca 41 kali atau sesudah shalat Ashar dibaca sebanyak 14 kali, Insya Allah didatangkan hajatnya terutama urusan rezeki. Dengan membaca surat Al-Waqi’ah selama 40 hari berturut-turut dan setiap harinya dibaca 40 kali akan mendatangkan rezeki yang tak terkira datangnya.

Fadhilah lain dengan membaca surat Al-Waqi’ah sebagai wirid secara rutin setiap hari dan malam, Insya Allah akan dijauhkan dari kefakiran selamanya. Sa’d Al-Mufti berkata bahwa hadits ini shahih:

مَنْ قَرَأَسُوْرَةَاْلوَقِعَةِلَمْ يَفْتَقِرْ اَبَدًا

man qara’a suratal-Waqi’ah lam yaftaqir abada

Artinya:
“Barangsiapa (membiasakan) membaca surat Al-Waqi’ah, maka ia tidak akan kefakiran selamanya.”

Subhanallah Maha Suci Allah dengan Segala FirmanNya. dan tidak akan ingkar dengan janji-janji-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s