Coretan Bulan Romadhon

IMG_0281
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
حمدا وشكرا لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن تبعه الى يوم القيامة (امابعد) قال الله تعالى فى القران الكريم: شهر رمضان الذي انزل فيه القران هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان…قال النبي صلى الله عليه وسلم: رب صائم ليس له من صيامه الا الجوع والعطش.
Bapak dan Ibu jama’ah yang dirahmati Allah, Bulan Romadhon adalah bulan yang bertabur keutamaan dan keistimewaan, bulan yang penuh dengan rahmat Allah, bulan yang penuh dengan ampunan Allah, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, bulan dimana semua do’a terkabulkan, bulan yang dimana ibadah sunah dibalas oleh Allah dengan pahala ibadah wajib kemudian pahala ibadah wajib dilipatgandakan, bahkan tidurnya orang berpuasa di bulan romadhon diitung-itung sebagai tasbihnya. Subhanalloh luar biasa.
Dari sekian banyak fadhilah dan kemuliaan bulan Romadhon saya menyampaikan dua poin saja;
Pertama; mari kita jadikan bulan Romadhon sebagai momentum untuk bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Setidaknya kita ketika berpuasa dapat merasakan bagaimana rasa lapar dan haus yang senantiasa dirasakan oleh saudara-saudara kita yang terkadang seharian hanya mendapatkan makanan basi dari tempat sampah, terkadang untuk mendapatkan sesuap nasi mereka harus banting tulang peras keringat. Masya Allah…Rasulullah telah bersabda: Siapa orang yang memberi makan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa. Kemudian dalam hadis lain dikatakan; Tidak sempurna iman seseorang ketika mendapati saudaranya kelaparan sementara ia bisa makan dengan kenyang. Na’udzubillah…Dalam kisah, Nabi Ibrahim itu beliau tidak pernah makan kecuali bersama seseorang walau harus mencari orang itu sekian kilo meter.
Bapak ibu jama’ah yang dirahmati Allah, Penduduk Indonesia ± 200jt. Bukannya penduduk Indonesia itu mayoritas muslim, kalau umat Islam sepakat dari ± 200jt, kita ambil sample 50jt orang saja yang muslim dan mampu…kemudian yang 50jt orang itu setiap seminggu sekali mengumpulkan uang Rp. 1000 saja, coba berapa ??? masya Allah dalam setiap minggunya umat Islam punya dana sekitar 50.000.000.000,- (50 M)…Kira-kira dengan uang 50 M setiap minggunya umat Islam pasti bisa menyejahterakan ratusan orang atau bahkan ribuan orang. Tidak akan ada lagi untuk pembangunan masjid minta-minta menjaring uang recehan di jalanan…luar biasa sikap peduli dan berbagi itu.
Kedua; Kita ambil ibarat atau analogi, Romadhon diumpakan penggilingan padi. Yang digilingnya udah pasti gabah, nah gabah diumpamakan manusia. Ketika gabah digiling di mesin penggilingan, yang keluar dari penggilingingan itu banyak macamnya, diantaranya;
1. Gabah kembali utuh, artinya manusia yang menemukan bulan romadhon ia tidak ada bedanya (mau bulan Romadhon atau bukan Romadhon sama saja). Na’dzubillah…Rasulullah bersabda:
وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ (رواه الترمذى(
Artinya: “Dan rugi benar seseorang apabila telah datang kepadanya bulan Ramadhan, kemudian (Ramadhan itu) meninggalkan, tetapi belum terampuni (dosa-dosa) baginya”. (HR. Tirmidzi).
2. Kulit gabah (sekam), sekam ini ada manfaatnya tapi paling banter buat pembakaran batu bata atau buat abu gosok. Masya Allah, artinya orang yang berpusa tapi nilai puasanya nol.
رب صائم ليس له من صيامه الا الجوع والعطش.
Banyak orang yang berpuasa tapi bukan pahala yang ia dapatkan melainkan rasa lapar dan dahaga saja.
3. Dedek, biasa di pake untuk pakan ayam atau entok…yaaa masih mending kalau di bandingkan dengan abu gosok.
Artinya orang yang berpuasa di samping dapat menahan rasa lapar dan haus masih bisa menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa.
4. Beras, bahan yang menjadi sumber pokok makanan manusia. Artinya kita berharap puasa yang kita lakukan semisal beras putih yang berkualitas, sesuai dengan tujuan puasa yakni menjadi orang yang bertakwa. Sehingga keluar dari Romadhon suci bersih putih seperti bersas tadi…layak mendapat gelar muttaqin minal aidzin walfaizin.
Alhamdulillah…
Demikian mudah-mudahan ada manfaatnya.
Wallohul Muwafiq ila Aqwamittoriq. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Wawan Gunawan, S.HI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s